Tuesday, December 7, 2010

Virus adalah kata latin untuk racun. Sejarah penemuan virus dimulai pada tahun 1883 oleh A. Meyer, seorang ilmuwan Jerman. Ia melakukan penelitian tentang penyebab penyakit mosaik pada tembakau. Kesimpulannya adalah penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang sangat kecil. Pada tahun 1892, ilmuwan Rusia yang bernama Dmitri Iwanowski menguji kesimpulan Meyer dan ia menduga bahwa penyebab penyakit ini adalah suatu organisme yang berukuran lebih kecil dari bakteri. Enam tahun kemudian, ilmuwan Belanda yang bernama Martinus W. Beijenrick melakukan pengamatan yang sama dengan Iwanowski dan ia menyebut penginfeksi itu virus lolos saring. Iwanowski dan Beijenrick dinobatkan sebagai penemu virus. Ilmu yang mempelajari virus adalah virologi.

 CIRI VIRUS

Ukuran dan Bentuk:
·         Memiliki ukuran sangat renik, antara 25 – 300 nm
·         Memiliki bentuk bulat, batang, dan seperti huruf T

Struktur dan Fungsi:
·         Virus bukan sel, tetapi berupa partikel yang disebut dengan virion
·         Virus dapat bereproduksi
·         Virus tidak memiliki begian – bagian sel

Virus tersusun dari:
1.      Asam nukleat: pembawa informasi genetika. Asam nukleat pada virus berupa DNA atau RNA saja. Materi genetik tersebut dapat berupa rantai tunggal atau rantai ganda. Rantainya dapat melingkar atau linier.
2.      Selubung protein: pembungkus asam mukleat. Kapsid tersusun dari subunit protein yang disebut kapsomer. Kapsid berbentuk batang, polyhedral atau kompleks.Virus kompleks memiliki kepala dan ekor, bentuk polyhedral, memiliki struktur tambahan, yaitu: selubung ekor, lempengan dasar, dan serabut ekor.
Gabungan asam nukleat dan kapsid disebut nukleokapsid. Nukleokapsid diselubungi oleh membran yang disebut sampul virus. Virus yang tidak memiliki sampul virus disebut sebagai virus telanjang.

 

REPRODUKSI
1.      Tahap pelekatan: terjadi saat partikel virus melekat pada sel yang diinfeksi. Tempat pelekatan terjadi pada reseptor.
2.      Tahap penetrasi: tahap virus masuk ke dalam sitoplasma sel inang.
3.      Tahap replikasi dan sintesis: tahap terjadinya perbanyakan partikel virus di dalam sel  inang.
4.      Tahap pematangan: tahap penyusunan asam nukleat dan protein virus menjadi virus yang utuh.
5.      Tahap pelepasan: tahap partikel virus keluar dari sel inang dengan memecahkan sel tersebut.


Reproduksi Bakteriofage
Dapat terjadi melalui 2 siklus, yaitu siklus litik dan lisogenik. Pada siklus litik, tahap pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, serta pematangan berlangsung cepat. Partikel virus keluar dari sel yang diinfeksi dengan memecahkan sel tersebut sehingga sel inang mati.
Pada siklus lisogenik, DNA / RNA virus akan disisipkan pada kromosom sel inang. Kromosom itu akan mengadakan replikasi. Hal ini terjadi secara terus menerus selama pembelahan sel sehingga materi genetik virus akan diwariskan pada sel – sel anakan sel inang. Jadi pada siklus lisogenik, infeksi virus memasuki masa laten / sel inang tidak pecah.

Reproduksi Virus Hewan
            Salah satu jenis virus hewan adalah virus yang memiliki sampul virus. Tahap reproduksinya:
1.      Pelekatan: sampul virus melekat dan berfusi dengan membran sel inang.
2.      Penetrasi: DNA virus dan kapsid terpisah.
3.      Replikasi dan sintesis: terjadi replikasi DNA virus, kapsid, dan sampul virus.
4.      Pematangan: terbentuk partikel – partikel virus baru. Sampul virus terbentuk pada partikel virus baru.
5.      Pelepasan: virus baru keluar dari sel inang dan siap menginfeksi sel lain.

HABITAT
Virus menunjukkan ciri kehidupan bila berada pada sel organisme lain. Bila menyerang tumbuhan, virus masuk ke dalam tumbuhan lain. Bila menyerang hewan dan manusia, virus masuk ke dalam tubuh hewan dan manusia. Virus menggunakan perantara, misalnya serangga, darah, luka, udara, dll.

KLASIFIKASI
Klasifikasi virus menggunakan sistem ICTV. Klasifikasi virus terbagi atas 3 tingkatan takson, yaitu famili, genus, dan spesies. Nama famili diakhiri dengan viridae, nama genus diakhiri dengan virus, nama spesies menggunakan bahasa Inggris dan diakhiri dengan virus. Jenis virus yang sdah teridentifikasi sekitar 2.000 spesies.

1.      Virus Bakteri: virus sel inangnya adalah sel bakteri. Virus bakteri disebut juga dengan bakteriofage / fage. Virus bakteri mengandung materi genetik berupa DNA.
2.      Virus Mikroorganisme Eukariot: virus sel inangnya adalah mikroorganisme yang tergolong eukariot. Virus ini mengandung RNA.
3.      Virus Tumbuhan: virus sel inangnya adalah sel tumbuhan. Sebagian besar mengandung RNA.
4.      Virus Hewan: virus sel inangnya adalah sel hewan atau manusia. Virus hewan mengandung RNA atau DNA.

VIRUS DALAM KEHIDUPAN MANUSIA
Virus yang memberi manfaat:
·         Untuk kloning gen
·         Untuk terapi gen manusia agar penyakit genetis dapat disembuhkan

 Virus yang merugikan:
1.      Menyebabkan penyakit pada manusia:
·         Influenza virus: penyebab penyakit influenza
·         HIV: penyebab AIDS
·         Hepatitis virus: penyebab penyakit hepatitis B
·         Polio virus: penyebab penyakit polio
·         Ebola virus: penyebab penyakit ebola
·         Measles virus: penyebab penyakit cacar
·         Mumps virus: penyebab penyakit gondong

2.      Menyebabkan penyakit pada hewan:
·         Virus penyakit mulut dan kaki pada sapi dengan gejala melepuh dan berlendir di sekitar mulut dan kaki sapi.
·         Virus penyakit tetelo pada ayam dengan gejala mencret dan batuk – batuk.
·         Rhabdovirus: penyebab rabies

3.      Menyebabkan penyakit pada tumbuhan:
·         Tobacco mosaic virus: penyebab penyakit mosaik pada tembakau dengan gejala pertumbuhan terhambat dan daun bercak – bercak.
·         Citrus leprosis virus: penyebab penyakit pada jeruk.

PENCEGAHAN TERHADAP VIRUS
Pencegahannya dengan cara memberikan vaksin. Vaksin adalah suatu zat yang mengandung mikroorganisme pathogen yang sudah dilemahkan.

Contoh vaksin:
·         vaksin rabies
·         vaksin hepatitis B
·         vaksin influenza
·         vaksin cacar



source: Biologi SMA dan MA untuk kelas X, ESIS, KTSP 2006



Pendapat kami tentang bab ini adalah:

1. Ivy = Menurut saya pelajaran ini berguna untuk dipelajari karena dengan belajar ini, kita menjadi mengetahui tentang berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, bagaimana mereka berkembang biak, bagaimana mereka menyerang manusia, hewan, dan tumbuhan, sehingga kita dapat mencegahnya. Kita juga tahu apa manfaat dari virus dan dapat digunakan untuk perkembangan teknologi di masa depan.

2. Andrea = virus adalah salah satu pelajaran yang menyenangkan. Virus adalah sesuatu yang akan kita temui dalam kehidupan kita sehari- hari. Bahkan ketika kita sakit maka virus itu akan melekat dalam tubuh kita. Dengan mempelajari virus kita dapat mengetahui penyebab mengapa kita sakit atau mengenali dampak yang dapat ditimbulkan oleh virus. Kalau kita mengerti virus maka kita juga nantinya dapat mengerti bagaimana menetralisir kerja virus tersebut. Virus merupakan bab yang menarik dan manantang untuk dipelajari. 

3. Virus memang kecil dan unik karena ada yang beranggapa bahwa virus itu makhluk hidup dan ada yang bilang bahwa virus itu bukan makhluk hidup. ini sangat unik dan kelihatanhnnya lucu. virus ini tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, tetapi harus memakai mikroskop. Hindarilah virus dengan daya tahan tubuh

No comments:

Post a Comment